12 Tempat Wisata Dekat Stasiun Malang yang Direkomendasi – TempatWisataUnik.com

Malang adalah salah satu kota besar di Jawa Timur yang kerap kali dikunjungi sebagai tempat wisata. Kota ini memang memiliki keanekaragaman alam yang melimpah. Mulai dari pantai hingga gunung ada di Malang dan Kabupaten Malang. Tidak heran jika kawasan Stasiun Malang selalu ramai oleh wisatawan saat liburan panjang atau saat akhir pekan. Jika Anda turun di Stasiun Malang dan ingin berwisata murah bahkan free of charge, berikut ini ada beberapa tempat wisata dekat Stasiun Malang yang terjangkau.1. Taman Trunojoyo

Taman Trunojoyo adalah salah satu taman kota yang berada tepat di depan pelataran Stasiun Malang. Jika Anda keluar dari Stasiun Malang, maka Anda tinggal menyeberang jalan raya untuk bisa menuju ke Taman Trunojoyo tersebut.

Taman ini adalah taman kota yang terbilang baru. Di sana ada beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan untuk melepas lelah setelah perjalanan panjang di kereta, di antaranya kantin, bathroom, dan juga tempat duduk.

Jika Anda mengajak anak kecil, di sisi lain taman juga ada playground sederhana yang bisa digunakan sebagai Tempat Wisata Anak di Malang. Selain itu ada juga perpustakaan di ujung taman. Anda bisa menunggu teman atau keluarga menjemput Anda di taman tersebut.2. Museum Malang Tempoe Doeloe

Tidak jauh dari Stasiun Malang, juga ada salah satu museum yang bisa dikunjungi. Namanya adalah museum Malang Tempoe Doeloe. Seperti namanya, museum ini menampilkan koleksi Malang di zaman dulu.

Lokasinya ada di Jalan Gajahmada, yaitu di belakang Balai Kota Malang. Bagi Anda yang menyukai sejarah dan budaya suatu kota, museum ini bisa diakses dengan mudah dari stasiun. Bahkan bisa juga dengan berjalan kaki.

Museum ini buka dari jam 08.00 sampai jam 17.00. Biaya masuknya juga cukup terjangkau. Lokasi ini cocok untuk wisata sejarah sekaligus wisata edukasi sambil merencanakan agenda liburan selanjutnya di kota Malang.3. Alun-alun Tugu Malang

Tempat wisata dekat Stasiun Malang berikutnya adalah Alun-alun Tugu Malang. Alun-alun ini memiliki bentuk lingkaran, dengan tugu menjulang tinggi di tengahnya. Di sekitar tugu ada kolam teratai yang cukup luas.

Taman Tugu ini juga memiliki kawasan taman dengan rerumputan hijau dan berbagai aneka bunga. Kawasan ini juga sering dijadikan lokasi foto bagi para wisatawan yang baru pertama kali mampir ke Malang.

Untuk mencapainya, dari stasiun Anda juga tidak perlu memakai kendaraan, karena bisa dilakukan dengan jalan kaki. Dari stasiun, menyeberanglah ke Taman Trunojoyo, lalu ikuti terus jalan raya besar. Dari kejauhan, tugu sudah bisa dilihat.4. Balai Kota Malang

Salah satu Suggestions Wisata ke Malang Murah adalah mengunjungi objek wisata free of charge. Walau sebenarnya Balai Kota Malang bukan merupakan tempat wisata, namun ada banyak juga wisatawan yang mampir ke Balai Kota Malang untuk sekadar berfoto-foto. Lokasi Balai Kota tepat di seberang tugu. Bahkan tugu itu sendiri juga salah satu bagian dari Balai Kota.

Hal menarik dari Balai Kota Malang adalah bangunannya yang megah bekas arsitektur kolonial Belanda. Bangunan itu memang sudah mengalami beberapa kali perubahan, namun cukup terawat hingga saat ini.

Hal menarik lainnya dari Balai Kota adalah keberadaan bus wisata tingkat (Malang Metropolis Tour) yang beroperasi di pagi hari. Bus itu memang sengaja diperuntukkan wisatawan yang ingin berkeliling kota Malang. Namun kabarnya Anda perlu datang sangat pagi untuk bisa mendaftar sebagai penumpang.5. Taman Rekreasi Kota (Tarekot)

Taman Rekreasi Kota ini memang bukan salah satu Tempat Wisata di Malang yang present. Namun tidak ada salahnya jika Anda mampir ke tempat wisata dekat Stasiun Malang yang satu ini.

Fasilitas wisata di sana adalah kolam renang, playground, dan juga beberapa kandang hewan. Anda bisa melihat beberapa jenis hewan yang dipelihara di sana.

Lokasi Tarekot berada di Jalan Simpang Majapahit No. 1. Anda juga tidak perlu memakai kendaraan untuk sampai di sana, karena berjalan kaki saja sudah cukup. Lokasi tersebut bisa dicapai dari Balai Kota Malang dan Taman Tugu dengan berjalan kaki.6. Pasar Bunga

Wisata dekat Stasiun Malang selanjutnya adalah Pasar Bunga. Pasar bunga di kota Malang sangatlah terkenal. Jika Anda berencana membeli bunga dan berbagai jenis tanaman lainnya, cobalah mampir ke Pasar Bunga. Masyarakat sekitar menyebutnya Pasar Bunga Splendid.

Di sana ada berbagai jenis bunga dan tanaman yang dijual dengan harga bervariasi. Pasar ini terbilang pasar yang sangat tua dan memang sudah terkenal sejak zaman dulu.

Lokasinya juga terjangkau dan bisa dicapai dengan jalan kaki maupun naik kendaraan umum dari Stasiun Malang. Pasar ini bisa menjadi salah satu alternatif wisata belanja sebelum Anda kembali ke kota asal.7. Pasar Burung

Selain pasar bunga, di kawasan Splendid juga ada pasar hewan yang lebih sering dikenal sebagai Pasar Burung. Walau demikian, hewan yang dijual di sana bukan hanya burung, melainkan ada banyak sekali.

Jika Anda suka akan hewan seperti kucing, kelinci, dan juga berbagai jenis hewan peliharaan lainnya, Anda bisa membelinya di sana. Selain itu, pakan dan kandang hewan juga bisa dibeli di sana.

Demikian pula dengan hewan air sejenis ikan. Berbagai jenis ikan, akuarium, serta pakan ikan juga dijual di sana. Lokasi ini juga cocok untuk dijadikan lokasi untuk jalan-jalan sambil melihat-lihat hewan.8. Kampung Warna Warni Jodipan

Pernah mendengar Kampung Warna Warni Jodipan yang terkenal sebagai salah satu Spot Foto di Malang? Jika pernah dan Anda ingin mengunjunginya, maka turunlah di Stasiun Malang. Dari sana, wisatawan hanya perlu berjalan untuk sampai di tempat wisata malang kampung wisata tersebut.

Kampung ini sangat menarik. Dulunya, kampung di tepi sungai ini adalah permukiman yang kumuh dan tidak menarik. Namun setelah dikembangkan sebagai kampung wisata, kini penampilannya sudah lebih baik dan menyita perhatian banyak wisatawan dari luar daerah.

Tiket masuk menuju kampung ini juga sangat murah, yaitu Rp 2.000 saja. Anda bisa mengeksplor kampung ini sambil berfoto-foto. Namun tetap jaga kesopanan karena kampung ini pada dasarnya adalah permukiman warga.9. Kampung Tridi

Selain Kampung Warna Warni, di Jodipan juga ada Kampung Tridi. Seperti namanya, kampung ini dihiasi dengan gambar-gambar three dimensi yang sangat menarik untuk dijadikan spot foto.

Kampung ini cocok untuk Anda yang sangat menyukai seni lukis dan suka mengasah keratifitas untuk mengambil foto. Lokasinya juga bersebelahan langsung dengan Kampung Warna-Warni sehingga Anda bisa mengunjunginya sekaligus.

Di kampung ini ada banyak sekali gambar menarik, dari mulai gambar karakter, gambar suasana, hingga gambar hewan-hewan yang terasa seperti hidup. Siapkan kamera terbaik jika ingin berkunjung ke sana.10. Alun-alun Malang

Jangan mengira Alun-alun kota Malang adalah Alun-alun Tugu. Karena Alun-alun kota Malang yang sebenarnya memiliki bentuk yang tidak bundar, namun persegi. Lokasinya memang cukup jauh dari stasiun. Namun Anda juga bisa mengunjunginya dengan berjalan kaki.

Alun-alun Malang yang merupakan salah satu Tempat Wisata di Jawa Timur ini berada di Jalan Merdeka Utara. Kawasan ini sangat luas dengan taman yang sudah menjadi lebih baik. Dulunya alin-alun hanya memiliki air mancur di tengahnya dan sering disalahgunakan untuk berjualan.

Namun saat ini Alun-alun Malang lebih tertata dengan baik. Bahkan di sana ada banyak tempat menarik untuk berfoto-foto, baik siang maupun malam hari. Anda bisa beristirahat di sana sejenak.11. Masjid Raya Jami Malang

Jika Anda ingin beristirahat sambil menyempatkan waktu untuk sholat, ada salah satu masjid yang berada tepat di seberang Alun-alun Malang. Masjid Jami Malang ini bisa dikunjungi untuk beribadah.

Masjid terbesar di Malang ini juga selalu ramai dijadikan lokasi ibadah saat perayaan besar umat Islam, seperti perayaan hari raya. Masjid ini juga bersebelahan dengan gereja yang memiliki arsitektur klasik.

Walau memang bukan salah satu tempat wisata, namun masjid ini juga sering didatangi wisatawan untuk sekadar beristirahat sambil menunggu waktu sholat tiba.12. Kayutangan

Kayutangan merupakan salah satu marka jalan di sekitar Alun-alun Malang yang bersejarah. Kayutangan terdiri dari beberapa bangunan kolonial Belanda yang dulunya menjadi salah satu pusat perbelanjaan saat masa penjajahan.

Hingga saat ini Kayutangan tetap menjadi kawasan pertokoan dan perkantoran. Anda bisa berfoto-foto di kawasan ini dan mempelajari bagaimana sistem pertokoan kuno dengan tatanan bangunan kunonya.

Di sana juga ada beberapa toko legendaris yang masih ada hingga saat ini, seperti Toko Oen. Toko Oen menjual es krim kuno dan beberapa jajanan kuno lainnya. Namun harganya cukup mahal.

Demikianlah beberapa tempat wisata dekat Stasiun Malang yang bisa dikunjungi untuk mengeksplor pusat kota Malang. Semoga artikel ini bisa memberikan rekomendasi dan alternatif wisata yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *