9 Keindahan dan Keunikan Pantai Lovina Bali (Bikin Kamu Ngga Mau Pulang)

Pantai Lovina Bali mungkin masih terdengar asing di telinga wisatawan luar daerah maupun mancanegara.

Kebanyakan orang hanya mengenal Pantai Kuta yang melegenda. Meskipun begitu, keindahan Pantai Lovina ini tak kalah dengan Pantai Kuta, lho. Awal mula sejarah nama Pantai Lovina terbilang cukup unik.

Lovina adalah nama sebuah penginapan miliki Anak Agung Panji Tisna yang sudah berdiri sejak tahun 1953. Ketika terjadi pemindahan ibu kota Bali dari Kota Singaraja menjadi Denpasar, keadaan ekonomi di kota Singaraja semakin menurun.

Hal inilah yang membuat para pengusaha pariwisata untuk membentuk kawasan wisata di daerah kota Singaraja.

Nama Lovina akhirnya diabadikan menjadi nama pantai atas kebijakan masyarakat setempat.

Nama “Lovina” berasal dari kata “Love” dari bahasa inggris yang artinya cinta dan “Ina” dari bahasa Bali yang artinya Ibu. Jika digabungkan, Lovina berarti cinta Ibu.

Kata “Ibu” disini dikonotasikan sebagai “Ibu pertiwi” yang maksudnya adalah Indonesia.

Ada banyak sekali keindahan dan keunikan yang menjadi daya tarik pengunjung Pantai Lovina. Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam, pertunjukkan unik, dan juga penginapan mewah.

Berbagai kenikmatan disuguhkan demi kenyamanan liburan bersama keluarga. Lokasi Pantai Lovina

Pantai Lovina terletak di pesisir Bali Utara, tepatnya di Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng. Alamat lengkapnya di Jalan Binaria, dekat degan Candi Budha Kalibukbuk.

Dari kota Singaraja, pantai ini berada 10 km dari arah barat kota tersebut.

Bagi kamu yang tiba di Bandara Ngurah Rai, jarak ke Pantai Lovina adalah sekitar 92 km. Rute ke Pantai Lovina

Bagi kamu yang melakukan perjalanan ke Bali melewati jalur laut, maka kamu dapat mencapai Pantai Lovina dengan mudah.

Pantai Lovina Bali berada dekat dengan Pelabuhan Gilimanuk. Waktu tempuh perjalanan dari pelabuhan adalah sekitar 1 jam.

Namun, jika kamu melewati jalur darat dan tiba di kota Denpasar, waktu tempuh perjalanan menuju Pantai Lovina adalah sekitar 2 jam. Tiket Masuk Pantai Lovina

Pihak pengelola Pantai Lovina tidak mematok biaya tiket masuk sama sekali, alias gratis. Namun, jika kamu ingin menikmati fasilitas di sekitar pantai seperti menyewa perahu, menyelam, atau menginap, maka dikenakan biaya tersendiri.

Jika kamu membawa kendaran pribadi, maka akan dikenai biaya parkir. Untuk parkir mobil biayanya sekitar Rp5.000, sedangkan untuk motor adalah Rp2.000.Jam Buka Pantai Lovina

Selain gratis, Pantai Lovina juga tidak memiliki jam operasional. Itu artinya, tidak ada batas jam buka dan jam tutup sehingga kamu dapat bebas mengunjungi kapan saja.

Namun, jika kamu ingin melihat atraksi lumba-lumba di Pantai Lovina Bali, maka kamu diharuskan mengikuti jadwalnya yaitu sekitar jam 05.30 – 06.00 pagi. Fasilitas di Pantai Lovina

Ada beberapa fasilitas yang menarik untuk kamu nikmati bersama keluarga di Pantai Lovina. Fasilitas tersebut berupa penyewaan perahu, tempat wisata kuliner yang beraneka ragam, penyewaan alat selam, dan beberapa opsi penginapan di dekat pantai.

Selain itu, ada banyak tempat-tempat wisata lain yang jaraknya relatif dekat dengan Pantai Lovina. Dengan begitu kamu liburan kamu juga semakin seru tanpa harus menghabiskan banyak waktu di perjalanan. Daya Tarik di Pantai Lovina

Pantai Lovina memiliki banyak keistimewaan yang membuatnya berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Ada banyak hal seru yang bisa kamu lakukan di pantai ini bersama keluarga.

Mungkin inilah alasan mengapa Pantai Lovina Bali menjadi salah satu lokasi wisata favorit banyak orang. Berikut ini akan dijabarkan 9 daya tarik Pantai Lovina sebagai bahan referensi liburan kamu.1. Pasirnya berwarna hitamhttps://www.instagram.com/ayu_febry123/

Berbeda dengan pantai lainnya yang pasirnya berwarna putih, Pantai Lovina justru memiliki pasir berwarna hitam. Hal ini disebabkan karena batuan di pegunungan sekitar pantai mengandung tanah alluvial.

Pasir berwarna hitam dinilai lebih eksotis dan unik bagi para wisatawan. Pasalnya, kamu bisa melihat kerlap kerlip pada hamparan pasir disebabkan pantulan sinar matahari yang mengenai cloth pasir tersebut. Wah, sangat indah bukan?

Kerlap kerlip pasir ini sangat enak dipandang mata. Apalagi jika kamu dan teman-teman berguling-guling di atas hamparan pasir yang berkilau. Liburanmu dijamin bakal lebih seru, deh!2. Suasana masih sangat alamihttps://www.instagram.com/palmtreegangofficial/

Suasana di Pantai Lovina Bali masih terbilang alami. Udaranya masih terasa sejuk karena bebas dari polusi. Hal ini dikarenakan pantai ini terletak di pedesaan, tepatnya di Desa Kalibukbuk.three. Ada atraksi lumba-lumba di tengah lauthttps://www.instagram.com/niafauzia/

Salah satu hal yang membuat Pantai Lovina amat menarik minat pengunjung adalah karena adanya atraksi lumba-lumba. Jika kamu biasanya hanya melihat 1-2 ekor lumba-lumba di pertunjukkan, di Pantai Lovina ini kamu bisa melihat ratusan lumba-lumba!

Melihat lumba-lumba yang begitu banyak tentunya akan membuat kamu berdecak kagum. Lumba-lumba liar ini akan bermunculan di tengah laut pada pukul 6 pagi hingga eight pagi.

Tak perlu sampai ke tengah laut, kamu bahkan bisa melihat hewan lucu berwarna hitam ini cukup 1 km dari bibir pantai. Aksinya yang melompat ke permukaan laut ini terasa sangat menggemaskan.

Wah, pasti menakjubkan sekali ya melihat ratusan lumba-lumba ditambah dengan kilauan sinar matahari terbit yang indah! Dan menariknya, pertunjukkan atraksi lumba-lumba ini tidak dipungut biaya sama sekali, alias gratis!four. Perairan laut yang tenanghttps://www.instagram.com/aguswirakusumajaya/

Berbeda dengan pantai wisata lainnya yang cenderung berombak besar, Pantai Lovina justru memiliki perairan laut yang tenang.

Kamu dan keluarga sangat aman untuk berenang di bibir pantai bahkan hingga ke lautan lepas tanpa takut terseret ombak.

Debur ombaknya yang lembut dan hamparan laut biru yang luas membuat siapa saja yang memandangnya merasa rileks. Kamu akan dibuat rehat sejenak dari rutinitas yang selama ini membuatmu penat.

Simak Review: Danau Beratan, Danau Eksotis yang Berada di Bedugulfive. Bisa menyewa perahu nelayanhttps://www.instagram.com/dolphinsunriselovina/

Jika kamu sering pergi ke pantai, pasti sudah tak asing lagi dengan pemandangan perahu-perahu nelayan yang berderet rapi. Sayangnya, perahu-perahu tersebut tidak bisa kamu naiki karena tidak adanya izin dari nelayan setempat.

Jangan khawatir, di Pantai Lovina ini kamu bisa merasakan sensasi naik perahu tradisional milik nelayan, lho!

Dengan harga sewa perahu sebesar Rp60.000 – Rp 150.000/orang, kamu akan dipandu dan dibawa oleh nelayan menuju tengah laut yang tenang. Kamu juga akan mendapatkan fasilitas jaket pelampung dan sarapan pagi setelah melihat atraksi lumba-lumba.

Tak tanggung-tanggung, kamu bisa menyewa perahu ini selama 2 jam, lho. Kapasitas Pantai Lovina maksimal perahunya adalah sekitar five orang penumpang.

Dengan durasi yang cukup lama tersebut kamu bisa menikmati pemandangan laut yang menenangkan, ditambah dengan aksi ratusan lumba-lumba yang menggemaskan.6. Bisa snorkeling maupun divinghttps://www.instagram.com/deframadan/

Selain pertunjukkan lumba-lumba, pemandangan bawah laut di Pantai Lovina juga sangat indah. Dengan begitu kamu bisa menyelam dan menyaksikan keindahan biota laut yang beraneka ragam, mulai dari terumbu karang hingga ikan-ikan yang lucu.

Tertarik untuk snorkeling di Pantai Lovina? Kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp60.000/orang. Harga tersebut sudah termasuk sewa peralatan selam.7. Destinasi spot sundown dan dawn terbaikhttps://www.instagram.com/arifsetiawanpt/

Jika kamu penikmat senja, maka kamu wajib mengunjungi pantai yang satu ini. Pasalnya, Pantai Lovina merupakan salah satu spot yang strategis untuk menikmati indahnya matahari terbit atau tenggelam.

Waktu terbaik untuk menikmati dawn dan sunset adalah sekitar pukul 05.30 – 06.00 pagi/petang. Jangan lupa untuk siapkan kamera untuk mengabadikan momen langka-mu, ya!eight. Memancing ikanhttps://www.instagram.com/tanti_balitosca/

Bosan mancing di place pemancingan? Cobalah hal baru yang lebih menantang, yaitu mancing ikan di tengah laut!

Hanya dengan menyewa perahu nelayan, kamu bisa bergabung dengan rombongan lainnya yang sama-sama ingin memancing ikan. Ikan yang didapat juga pasti akan lebih banyak dibandingkan di place pemancingan.9. Pertunjukkan Musikhttps://www.instagram.com/rdarajatillahi01/

Setelah menikmati sundown, belum lengkap rasanya jika belum melihat pertunjukkan musik yang diadakan pada malam hari di Pantai Lovina Bali.

Kamu bisa bernyanyi dan mendengarkan alunan musik sambil menikmati hidangan makanan di Café/Restoran terdekat.

Jangan lupa untuk memakai pakaian yang cukup tebal karena angin malam hari berhembus cukup kencang.

Rekomendasi Untukmu: Pantai Balangan, Sunset Spektakuler Dari Atas Tebing di BaliHotel Dekat Pantai Lovina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *