Utility Kerja Ekstrakurikuler Pramuka Tahun Pelajaran 2021/2022

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA Program

GUGUS DEPAN  PANGKALAN SMAN 1PRINGGARATA

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

GUGUS DEPAN LOMBOK TENGAH 08.009 – 08.010

AMBALAN SULTAN HASANUDDIN – EMMY SAELAN

PANGKALAN SMA NEGERI 1 PRINGGARATA

PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA GUGUS DEPAN

PANGKALAN SMAN 1 PRINGGARATA

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Koordinator Ekstrakurikuler,

Kepala SMAN 1 Pringgarata,

H. IWAN RIAWAN, S.Pd.,M.Pd

Puji syukur kami ucapkan ke hadirat Allah SWT, Tuhanyang Maha Esa atas rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan penyusunanProgran Kerja Ektsrakurikuler Pramuka Gugus Depan (Gudep) Pangkalan SMAN 1Pringgarata pada tahun ajaran 2021/2022.

Program kerja ini merupakan acuan bagi PembinaPramukan serta Dewan Kerja Penegak Gudep Pengkalan SMAN 1 Pringgarata untuk menjalankan aktivitas atau kegiatankepramukaan di lingkungan SMAN 1 Pringgarata dalam 1 (satu) periode. Denganselesainya penyusunan utility kerja ini, diharapkan pelaksanaan kegiatankepramukaan pada Gudep  Pangkalan SMAN 1Pringgarata dapat terarah, terencana dan berhasil dengan baik sehinggaberkontribusi positif bagi  peningkatanmutu pendidikan di lingkungan SMAN 1 Pringgarata.

Kami menyadari bahwa dalam penyusuan program kerjaini masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu saran dan kritik yang konstruktifkami harapkan demi kesempurnaan Progran Kerja Ektsrakurikuler Pramuka GugusDepan Pangkalan SMAN 1 Pringgarata. Akhirnya semoga program kerja inibermanfaat bagi kita semua.

Pembina Ekstrakurikuler Pramuka,

BAB II VISI DAN MISI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA

B. Penjabaran Program dalam Semester

BAB IV ORGANISASI DAN TATA KELOLA

A. Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan

B. Susunan Pengurus Dewan Kerja Penegak

E. Pengelompokkan Peserta / Anggota

F. Pelaksanaan Latihan / Kegiatan

Pendidikan Kepramukaan merupakan kegiatanekstrakurikuler yang wajib dilaksanakan di sekolah. Kegiatan dilaksanakanmelalui Gugus Depan Gerakan Pramuka yang berpangkalan di sekolah atau satuanpendidikan. Melalui pendidikan Kepramukaan ini dapat dilakukan pembinaanketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Kehidupan berbangsa dan bernegaraberdasarkan Pancasila, pendidikan pendahuluan bela Negara, kepribadian dan budipekerti luhur, berorientasi, pendidikan kewiraswastaan, kesegaran jasmani dandaya kreasi, persepsi, apresiasi dan kreasi seni.

Gerakan pramuka sebagai satu-satunya wadah kegiatankepanduan di sekolah merupakan tempat pendidikan bagi anak-anak yangdilaksanakan dengan penuh kegembiraaan, penuh pendidikan dan dilakukan di luarjam-jam sekolah maupun jam-jam keluarga. Sebagai satu-satunya kegiatankepanduan, pramuka diharapkan dapat memberikan peranan penting dalampeningkatan dan pembentukan sikap dan mental peserta didik pada sikap yang baik.Sikap baik dalam arti berakhlaq mulia, sopan santun, rasa cinta kasih sesama,patriot, suci dalam segala pikiran maupun perbuatan, bertaqwa kepada tuhannya,dan segala sikap yang lain. Untuk itu, diharapkan anggota pramuka dapatmelaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang merupakan kode etik dan janjipramuka.

Untuk lebih berperan aktif dalam pembentukan sikap,dalam gerakan pramuka perlu adanya keseragaman langkah bagi pengelola gerakanpramuka yang tergabung dalam suatu gugus depan. Ada keterkaitan erat antarasiswa didik sebagai anggota pramuka, pembina pramuka dan unsur majelispembimbing gugus depan. Tanpa kerja sama yang baik dari unsur-unsur tersebutrasanya tidak mungkin pramuka berperan aktif dalam pembentukan sikap pesertadidik.

Oleh sebab itu untuk penyelarasan dan penyeragamanlangkah, perlu disusun suatu software program kerja gugus depan yang berisikan segalasesuatu yang dapat mengatur langkah dan gerak dari gugus depan tersebut.Program kerja sebagai rambu-rambu pelakasanaan kegiatan kepanduan di sekolahmerupakan acuan yang wajib dilaksa-nakan oleh unsur-unsur pengelola gugus depantersebut.

Baca juga: Program Kerja Ekstrakurikuler Karya Tulis Remaja (KIR)

Yang menjadi dasar penyusunan software program kerja gugus depan pramuka adalah:Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961 tentangGerakan PramukaKeputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 107 Tahun 1985 tentangPetunjuk Penmyelenggaraan Gerakan Pramuka di Gugus Depan.Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 041 tahun 1985 tentangPetunjuk Pelaksanaan Administrasi Satuan Pramuka.Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor fifty seven Tahun 1988 tentangPengesahan Anggaran Dasar Gerakan PramukaKeputusan Kwartir Nasonal Gerakan Pramuka Nomor 107 Tahun 1999, tentangAnggaran Rumah Tangga Gerakan PramukaKeputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor half Tahun 2003 tentangPokok-pokok Pengorganisasian Gerakan Pramuka.AD-ART Dalam Keputusan Musyawarah Nasional (Musnas) X Gerakan PramukaTahun 2018 Nomor 07 Tahun 2018.Program kerja sekolah yang dijabarkan dalam utility kerja urusanKesiswaan dan Koordinator Ekstrakurikuler SMAN 1 Pringgarata Tahun Pelajaran2021/2022.

Tujuan yang hendak dicapai dengan disusunnya software program kerja ini:Untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, khususnya di bidang pembinaankesiswaan dalam pembentukan watak dan kepribadian siswa melalui kegiatankepramukaanUntuk memberikan arahan kepada pelaksana gugus depan agar pelakasanaankinerja gugus depan dapat berjalan dengan baik.Sebagai sarana untuk peningkatan mutu pendidikan kepramukaan di sekolah.

Sasaran pelaksanaan program kerja ini adalah unsur-unsur yang terdapatdalam suatu gugus depan yang meliputi:Unsur Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang diketuai oleh KepalaSekolah sebagai penguasa tertinggi di sekolah yang dibantu dengan UrusanKesiswaan, Urusan Kurikulum dan unsur guru yang ditunjuk.Unsur Pembina Pramuka yang merupakan unsur pelaksana kegiatan secarateknis dalam suatu gugus depan yang meliputi Instruktur Pramuka, pelatih atauanggota pramuka yang minimal mempunyai sertifikat Kursus Mahir Dasar (KMD)Para pembantu pembina yang meliputi anggota penegak, pandega dan unsurlain yang mempunyai keinginan untuk menjadi anggota pramuka dengan baik.Peserta didik yang menjadi obyek pendidikan kepramukaan di sekolah yangterbagi dalam siaga, penggalang, penegak dan pandega sesuai dengan tingkat umurpeserta didik.

VISI MISI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA

Mengacu pada Lampiran III Peraturan Menteri Pendidikan Dan KebudayaanRepublik Indonesia Nomor IndonesiaNomor 81a  Tahun 2013  Tentang Implementasi Kurikulum berkaitan dengan Pedoman Kegiatan Ekstrakurikulerperlu adanya visi misi kegiatan ektrakulikuer. Adapun Visi Misi kegiatanekstrakurikluer Pramuka pada Gudep Pengkalan SMAN 1 Pringgarata adalah sebagaiProgram berikut:

Visi gugus depan  pangkalan SMAN 1Pringgarata adalah: Pengembangan Potensi Bakat, Minat Serta Psychological dan Moralyang Berlandasan IMTAQ dan IPTEK.

Sedangkan misi gugus depan Pengkalan SMAN 1 Pringgarata:Menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka meningkatkan  keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YangMaha Esa serta  ilmu pengetahuan danteknologi sesuai tuntutan jamanMemyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka meningkatkanpengembangan potensi, bakat dan minat.Menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka meningkatkan sikap,mental dan moral yang berkarakter.Melaksanakan kegiatan kepramukaan yang berorientasi pada pencapaianprestasi.Melaksanakan kegiatan kepramukaan yang berorientasi kepada pengembanganpola pikir dan nalar, serta keterampilan.

PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA

Program kerja Ekstrakurikuler Pramuka SMAN 1 Pringgarata dapat dijelaskandan dirinci sebagai berikut didasarkan pada waktu pelaksanaan utility.Masing-masing kelompok software program terbagi dalam beberapa bidang kegiatan. Adapunpembagian kelompok program tersebut adalah sebagai berikut:

Leave a Reply

Your email address will not be published.