Tempat Wisata di Malang: 20 Paling Populer & Hits (Jangan Terlewatkan)

Apa yang terpikirkan oleh kamu saat mendengar kata Malang? Sejuk? Benar. Malang berada di daerah pegunungan, sehingga membuat udaranya relatif sejuk dan menjadikannya salah satu tempat tujuan wisata terfavorit di Jawa Timur. Apel? Benar. Buah ini telah menjadi ikon kabupaten ini. Apel bisa dengan mudah kamu temui di sini, mulai dari pekarangan pribadi milik warga setempat, sampai dengan perkebunan dan agrowisata besar.

Apa lagi yang menarik dari Malang? Agar tak mengenal Malang hanya dari sejuk dan apelnya, berikut ini rangkuman 10 tempat wisata di Malang yang sayang sekali jika dilewatkan:1. Jatim Park threeJatim Park 3 (desimegasari) – Family Trip Malang

Apabila kamu akan berencana ke Jatim Park 2, jangan lupa untuk datang juga ke Jatim Park terbaru, yaitu Jatim Park 3. Pada tempat wisata yang satu ini, developer lebih ambisius dalam pembangunannya. Bagaimana tidak, Jatim Park three memiliki lebih dari 8 region tematik di dalamnya. Mulai dari Dino Land hingga Fun Tech Plaza.

Beberapa location juga menyangkut negara-negara yang kebudayaannya sangat unik untuk difoto. Perjalanan dimulai dari place Jepang, di mana kamu dapat menemukan kuil, pagoda serta rumah-rumah khas Jepang. Jangan lupa untuk berfoto dengan pakaian tradisional Jepang di sini.

Selanjutnya kamu bisa ke perkampungan Korea Selatan, di mana kamu juga dapat berfoto seperti halnya kamu berfoto di negara tersebut. Salah contoh fotonya bisa kamu lihat tempat wisata malang pada foto di atas. Selain kedua negara ini, juga terdapat zona India, Cina serta Eropa di dalam Jatim Park 3.

Jatim Park three juga memiliki area yang berisikan patung lilin tokoh-tokoh penting Indonesia dan mancanegara. Tokoh-tokoh yang dijadikan patung lilin mulai dari Yuni Shara, Jokowi hingga Abraham Lincoln serta Tom Cruise bisa kamu ajak berfoto di location ini.

Sebenarnya untuk masuk ke kawasan Jatim Park 3, pengunjung tidak dikenakan biaya, tapi untuk masuk ke beberapa location di dalamnya, barulah kamu akan dikenakan biaya yang beragam. Tapi apabila kamu mau menikmati seluruh aktivitas di dalam, kamu bisa merogoh kocek sekitar 200.000 Rupiah per orang.2. Kampung Warna-Warni JodipanKampung Warna-Warni Jodipan, Malang (jejakkrismon)

Apabila kita membahas mengenai kampung warna-warni, kampung Jodipan merupakan cikal bakal dari tren tersebut. Dimulai dari proyek mahasiswa untuk mengubah wajah dari kampung agar tidak terlihat kumuh, malah membuahkan hasil lebih yang tidak disangka-sangka mengubah nasib penduduk kampung tersebut.

Kampung ini menjadi destinasi selfie yang cukup populer, membuatnya jarang sepi pengunjung. Hal ini membuat mereka dapat merintis usaha kecil-kecilan seperti warung makan hingga toko oleh-oleh. Sehingga selain selfie, kamu juga dapat membeli jajanan dan oleh-oleh yang ada di kampung ini.

Apabila kamu merasa panas, ada beberapa lorong payung yang tidak hanya menjadi spot selfie, tapi juga dapat melindungimu dari terik matahari. Bahkan payung-payung dan setiap ornamen di kampung ini juga memliki warna beragam yang dipadupadankan dengan cat-cat pada tembok serta atap dari kampung ini.3. Jatim Park 2 – Family Trip MalangJatim Park 2 – Family Trip Malang

Jika Jatim Park 1 menawarkan tempat wisata terpadu untuk rekreasi dan edukasi, Jatim Park 2 memiliki konsep wisata alam. Jatim Park 2 yang berada di Jalan Oro-oro Ombo, Batu, ini menawarkan dua zona wisata utama yaitu Batu Secret Zoo dan Museum Satwa.

Di Museum Satwa, kamu bisa melihat binatang dari berbagai benua yang diawetkan dan diletakkan di lokasi yang dibuat semirip mungkin dengan habitat aslinya. Kamu tak perlu khawatir, binatang-binatang yang diawetkan ini bukanlah hasil buruan, namun binatang yang sudah mati secara alami dan kemudian diawetkan. Ada juga replika kerangka raksasa dinosaurus yang menjadi salah satu objek foto favorit wisatawan. Selain itu, kamu juga bisa melihat beragam jenis serangga yang diawetkan di insectarium, mulai dari kumbang, belalang, laba-laba sampai kupu-kupu berbagai warna.

Puas melihat binatang yang telah diawetkan, saatnya melihat binatang yang masih hidup di Batu Secret Zoo. Kebun binatang ini adalah satu-satunya kebun binatang berkonsep modern di Indonesia. Ada banyak tempat yang bisa kamu jelajahi mulai dari akuarium, Tiger Land, kolam kuda nil sampai padang rumput. Ada juga sungai arus buatan yang bisa kamu arungi dengan perahu yang telah disediakan.

Jika belum puas menjelajahi tempat wisata di Malang ini dalam sehari, kamu bisa menginap di Hotel Pohon Inn yang merupakan penginapan resmi di Jatim Park 2. Hotel ini memiliki konsep yang sangat unik, bangunannya dibuat menyerupai sebuah batang pohon raksasa dan dikelilingi oleh pegunungan.

Tertarik untuk mengunjungi Jatim Park 2, tempat wisata yang termasuk dalam circle of relatives journey Malang ini? Siapkan uang tiket masuk sebesar 60.000 Rupiah pada hari Senin – Kamis dan 75.000 Rupiah untuk hari Jumat – Minggu, maka kamu bisa menikmati tempat wisata ini sepuasnya.4. Pulau SempuPulau Sempu

Pulau Sempu disebut sebagai salah satu surga dunia. Pulau yang terletak sekitar 75 km dari pusat kota Malang ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Tempat wisata alam ini merupakan kawasan cagar alam yang dikelolah oleh pemerintah kota. Vegetasi di sini cukup beragam mulai dari hutan pantai, hutan tropis sampai hutan bakau. Hanya itu saja yang dimiliki Pulau Sempu? Tunggu. Yang paling menarik di sini adalah Segara Anakan yang merupakan sebuah danau di tengah pulau dengan luas four hektar.

Segara Anakan menjadi daya tarik utama tempat wisata di Malang ini. Air dari telaga berasal dari ombak laut selatan yang masuk melalui lubang tebing di sisi danau ini. Air di danau dingin dan sangat jernih sampai kamu bisa melihat dasar danau dengan mudah. Di sini, kamu bebas berenang, memancing atau bermain di pasir putihnya yang landai.

Perjalanan menuju ke pulau ini memang tidak mudah. kamu terlebih dahulu harus naik perahu motor dari Pantai Sendang Biru. Jangan lupa menyimpan nomor telepon nelayan pemilik perahu untuk dijemput lagi saat kamu akan pulang. Begitu turun dari perahu, perjalanan kamu masih belum selesai. kamu harus trekking cukup panjang melewati hutan konservasi. Kelelahan akan terbayar lunas saat kamu melihat keindahan Segara Anakan yang masih sangat alami. Pulau ini memang tidak berpenghuni, sehingga jika ingin menginap, satu-satunya cara adalah dengan berkemah.

Update: Untuk sekarang pulau ini sedang dalam rehabilitasi akibat rusaknya alam di pulau tersebut yang disebabkan oleh pengunjung yang tidak bertanggung jawab, sehingga kunjungan ke pulau ini dilarang. Kita tunggu kabar selanjutnya agar dapat berwisata ke Pulau Sempu yang indah ini.5. Jatim Park 1Jatim Park 1, Malang (hargatiket) – Family Trip Malang

Jawa Timur Park 1 atau yang lebih dikenal dengan Jatim Park 1 ini merupakan tempat wisata di Malang yang menjadi favorit banyak pengunjung lokal dan luar kota. Dengan konsep taman rekreasi dan edukasi, Jatim Park 1 menawarkan puluhan wahana yang siap menghibur kamu dan keluarga.

Biasanya, alasan utama pengunjung untuk datang ke tempat wisata yang satu ini adalah kolam renang dengan latar remedy wajah Ken Arok yang lumayan ikonik. Dengan kedalaman yang berbeda, kolam renang ini dapat dipakai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Beberapa seluncuran menambah keseruan pengunjung untuk berlama-lama di Jatim Park 1.

Untuk wahana edukasi, ada Science Stadium yang merupakan laboratorium out of doors dan indoor yang berisi informasi dan peragaan mulai dari fisika, biologi, kimia sampai matematika. Wahana ini didukung oleh PLN, Telkom dan beberapa universitas di Jawa Timur. Ada juga Papua and East Java Ethnic Gallery yang menampilkan koleksi miniatur rumah adat Jawa Timur dan Papua, wayang dan juga banyak kerajinan khas lainnya.

Masih kurang? Tenang, tempat wisata di Malang ini masih punya banyak sekali wahana permainan lain seperti Flying Tornado, Mini Jet, Gokart, Spinning Coaster, Midi Skater, Drop Zone dan Bioskop 3-d. Fasilitas pendukung lainnya adalah kafetaria, mushola, gazebo dan masih banyak lagi.

Tempat wisata dengan luas 11 hektar ini berada di kawasan Batu atau sekitar 20 km dari pusat kota Malang. Buka setiap hari mulai pukul 08:00 sampai 14:00. Untuk masuk, kamu dikenakan biaya sebesar fifty five.000 Rupiah pada hari Senin – Kamis, dan 75.000 Rupiah pada hari Jumat – Minggu.6. Paralayang & Rumah PohonRumah pohon

Paralayang dan rumah pohon berada dalam satu region, tepatnya di Gunung Banyak. Di atas Gunung Banyak ini, kamu bisa menikmati pemandangan keseluruhan kota batu. Jika kamu berkunjung saat malam kamu bisa menikmati pemandangan kerlap kerlip kota Batu lengkap dengan gemerlap bintang yang menghiasi langit malam.

Kamu yang menyukai suasana tenang bisa duduk di bangku-bangku kayu sambil menikmati suasana kota batu dari ketinggian. Sedangkan bagi kamu yang menyukai kegiatan ekstrim penguji adrenalin, bisa mencoba olahraga paralayang. Tak perlu khawatir akan jatuh karena kamu akan terbang didampingi oleh pemandu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *